YAMAHA Membuatku Selalu Terkesan


Hadirnya Yamaha Mio membuat saya langsung jatuh cinta pada pandangan pertama,kesan pertama kali melihat Yamaha Mio,desain dan bentuk bodynya yang imut,lucu,unik,modern stylish dan compact membuat saya bersemangat untuk rajin bekerja dan menabung. Setelah sekian lama,impian mempunyai Yamaha Mio terwujud,meski hanya mampu membeli second,saya sangat senang dan puas dengan performa mesin yang tangguh dan handling yang stabil. Saya mulai belajar mengendarai motor menggunakan Yamaha "Robot" keluaran th 1983 punya kakak,yang masih ada hingga saat ini
Yamaha Fiz limited edition warna hitam strip ungu menemani saya hingga lulus SMA,kemudian kuliah menggunakan Yamaha RX King sebagai pilihan saya,karena Yamaha RX King betul2 The Real King,dengan tarikan gas dan akselerasi yang spontan,mesin yang tangguh dengan knalpot racing yang mantap,membuat saya merasa nyaman perjalanan jauh keluar kota Yamaha Mio selalu setia menemani kemanapun pergi,lalu lintas di kota Surabaya dan kota lainnya yang sangat ramai dan padat bahkan sering macet,tidak menjadi kendala yang berarti,karena Yamaha Mio begitu gesit,lincah,rem yang pakem,handling yang sangat stabil,tangan,lengan dan pundak tidak cepat lelah dan satu lagi yang penting,joknya begitu lembut,perjalanan terasa nyaman. Handling yang sangat stabil dalam kecepatan yang relatif tinggi,berkisar 70-80 km/jam,sudah saya buktikan sendiri,iseng iseng saya coba tes kecepatan Yamaha Mio Sporty dengan mesin standart,di jalan aspal trek lurus menurun sepanjang lebih dari 800 meter yang mulus,lebar dan kering di daerah purwodadi dan pandaan,Jatim dengan pertimbangan hafal kondisi medan jalan,pandangan luas tidak terhalang,penggunaan helm full face,jaket tebal,dan kondisi jalan yang pada saat itu pagi hari sekitar jam 9,sangat sepi,yang secara kebetulan tidak ada satupun kendaraan yang melintas dari arah yang berlawanan,begitu lampu traffic light berubah warna menjadi hijau,start..kecepatan Yamaha Mio melesat menembus angka 98 km/jam,dengan handling yang tetap tenang,luar biasa. Dengan tetap mengutamakan safety,saran saya buat Yamaha Lovers,kecepatan tidak lebih dari 80 km/jam,untuk kondisi jalan yang menurun,tentu disesuaikan dengan kondisi medan jalan,lingkungan sekitar dan kemampuan berkendara dan mengenali karakter motor. Perjalanan liburan terjauh yang pernah saya tempuh dari kota Jember ke pulau Bali selama 1 minggu bersama 8 orang teman dengan 2 Yamaha Mio,1 merk lain dan 2 Yamaha RX King.

Perjalanan melewati kawasan konservasi hutan Bali barat menuju pantai Lovina di kota Singaraja,sensasi yang paling mendebarkan ketika jalanan mulai berkelok2,naik turun dengan curam didaerah seririt dan git git kawasan pegunungan.Setelah sampai di puncak pegunungan,tampak sebuah hamparan berwarna hijau kebiruan,apakah gerangan?Rasa penasaran membuat saya dan teman2 ingin segera melanjutkan perjalanan. Hamparan tersebut ternyata sebuah danau,yaitu danau bratan,bedugul yang sangat luas dengan pemandangan yang sangat indah,saking tingginya,danau seluas itu tampak seperti hamparan sawah,perjalanan lanjut ke kota Denpasar dan trempat wisata lainnya. Sepanjang perjalanan,tidak ada kendala yang berarti,hanya kecepatan yang berkurang di puncak pegunungan,maklum,jalan naik turun begitu curam dengan kemiringan hampir 45 derajat.

Yamaha RX King. The Real King

Ada lagi pengalaman yang manggemaskan sekaligus berkesan kecepatan dan kestabilan handling yang mantap dengan motor Yamaha RX King,perjalanan dari jatiroto,Lumajang ke kota Jember dengan jalan aspal yang mulus,relatif lurus sepanjang lebih dari 8 km. Teman saya yang berboncengan mengendarai Yamaha RX King,jauh sekali meninggalkan saya di belakang sambil melambaikan tangan,bye bye,duluan bro... Dengan semangat pejuang 45,Yamaha Mio saya pacu lebih cepat,tetap saja tak terkejar,ya harap maklumlah,namanya juga motor sport 135cc vs motor 100cc. Saking tingginya kecepatan Yamaha RX King,dari knalpot sampai keluar "fire blast",luar biasa,perkiraan saya,kecepatan lebih dari 110km/jam. Pengalaman saya lainnya yang sangat mendebarkan sekaligus berkesan,waktu dibonceng teman,seorang pembalap motor mengendarai Yamaha RX King dengan kecepatan hampir 120 km/jam (jangan ditiru,ya,Yamaha Lovers, dan saya memang tidak berani memacu motor dengan kecepatan lebih dari 100km/jam) di jalan aspal trek lurus sepanjang hampir 2 km di kota Jember,Jatim,serasa terbang..

handling motor2 Yamaha sangat stabil
Dari pengalaman berkendara lebih dari 21 tahun,pendapat saya,kestabilan mengendarai sepeda motor khususnya matic,merupakan salah satu faktor penting dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara,terlebih pada kecepatan tinggi,lebih dari 70 km/jam (relatif) Selain kemampuan dan kesiapan berkendara,kondisi medan jalan,desain body struktur rangka,jarak antara titik sumbu roda depan & belakang,serta jarak jok dengan stang kemudi yang tepat & proporsional,sesuai ergonomi pengendara,akan menentukan kestabilan handling,karena bila ketinggian jok lebih dekat dengan ketinggian stang kemudi,akan menyebabkan tangan,lengan dan pundak cepat lelah,handling cenderung tidak stabil. Demikian juga dengan titik berat beban bagian depan yang bertumpu pada titik pusat struktur rangka stang kemudi,yang diimbangi dengan derajat kemiringan shockbreaker teleskopik depan & berat roda depan,maka berat beban tsb akan membuat stang kemudi terasa lebih "berat" pada waktu berhenti,namun bila dalam keadaan berjalan,secara otomatis akan terasa lebih ringan. Titik berat beban pada stang kemudi dengan berat yang tepat,sangat menentukan kestabilan handling dalam kecepatan tinggi dengan arah angin yang berlawanan,pengendalian akan tetap stabil,disamping banyak komponen dan faktor lain dari motor yang mempengaruhi,termasuk ketinggian motor dari tanah,semakin rendah dari permukaan tanah,semakin stabil,karena dipengaruhi oleh G Force,gaya tekan kendaraan ke tanah.
Dengan titik berat beban pada bagian belakang,(bagian mesin & roda belakang) yang jauh lebih berat daripada bagian depan(stang kemudi & roda depan),yang diimbangi dengan berat beban bagian tengah(mesin bagian tengah & jok pengendara),motor akan lebih stabil.



Bentuk lampu depan/head lamp New Yamaha Xeon RC yang futuristik, terinspiasi dari bentuk pesawat F117-Nighthawk yang mampu membelah angin dan sistem lampu Automatic Headlight On yang sangat terang.







fitur New Yamaha Xeon RC Smart Stand Switch, dimana jika standar samping di buka, otomatis mesin langsung mati. Pengendara juga akan di beri tahu melalui kedipan lampu speedometer jika mesin belum di matikan melalui kontak. fitur ini di maksudkan agar pengendara tidak lupa menaikan standart samping saat motor melaju.




Kapasitas bagasi motor New  Yamaha Xeon RC dapat menyimpan satu buah helm dan berbagai peralatan







Fitur menarik dari New Yamaha Xeon RC ladalah Smart Lock System, fitur ini dapat membantu pada saat pengereman di jalan menanjak ataupun jalan menurun. Tarik rem bagian kiri (rem belakang), lalu tekan tombol di bagian pangkal rem. Otomatis motor dalam posisi terkunci.




New Yamaha Xeon RC terbaru memang betul2 keren,Muscular and Sporty Muffler: Desain sporty muffler dan lebih berotot dari Yamaha T-Max yang powerful.T-Max yang powerful.




Lampu belakang New Yamaha Xeon RC Terinspirasi pesawat tempur F117 Nighthawk yang tampak jelas pada cover desainnya yang aerodinamik. (After Burner Jet Tail Lamp). 






Sporty Striping dan Dynamic Colour New Yamaha Xeon RC yang tegas warna yang trendy membuat kesan semakin sporty





Sporty Casting Wheel dan colored Pin Stripe New Yamaha Xeon RC
kombinasi warna yang sporty dengan lis velg yang tegas








Akselerasi yang cepat dan responsif dengan kapasitas silinder 124,86 cc,penggunaan DiAsil Cylinder and Forged Piston,DiAsil adalah Die Aluminium Silicon, material logam campuran aluminium dan silikon yang tahan panas. Proses produksinya menggunakan teknik cetak (die casting) sehingga bersifat lebih kokoh dan padat sebagai landasan gerakan piston. Sedangkan Forged Piston, dibuat dengan teknik tempa (forging). yang ringan dari besi namun memiliki daya pendinginan yang lebih baik,performa dan daya tahan yang sangat tinggi,didukung teknologi motor injeksi terkini dengan teknologi YMJet-FI yang responsif,namun tetap irit bahan bakar. 
Canggih dengan Fuel injection,YMJet-FI New Yamaha Xeon RC didukung perangkat ECU (Electronic Control Unit), peningkatan tenaga menjadi 11,4 hp torsi menjadi 10,4 Nm, tetapi lebih irit sekitar 20 persen. Selain itu, FI New Yamaha Xeon RC sudah menggunakan throttle body ukuran terbaru 28 mm dan dan terdapat oxygen sensor yang mampu memfeedback pengeluaran dari gas buang atau mampu membaca hasil pembakaran CO (karbon monoksida) dan HC (hidrokarbon) sehingga sistem injeksi Yamaha Xeon RC sangat mudah dideteksi jika ada masalah. kalau kadar HC-nya kebanyakan maka oxygen sensor secara otomatis akan memerintahkan ECU untuk mengurangi suplai bahan bakar. Sebaliknya, jika HC-nya kekecilan maka sensor O2 akan memerintahkan ECU untuk menambahkan bahan bakar.
 

Perubahan yang paling mendasar FI New Yamaha Xeon RC yaitu pada sensor dan juga peningkatan performa pada throttle bodi. Tidak hanya itu,FI Yamaha juga mengaplikasikan fuel pump yang konsumsi listriknya lebih rendah yakni hanya 30% dari fuel pump biasa. Selain sensor oksigen, sistem injeksi New Yamaha Xeon RC juga didukung 6 sensor lainnya yang juga sudah digunakan pada motor matik  Yamaha lainnya. Sensor itu antara lain, Throttle Position Sensor (TPS), Intake Air Pressure Sensor (IAPS), Intake Air Temperature Sensor (IATS), Crankshaft Position Sensor (CPS), Coolant Temperature Sensor (CTP) dan O2 sensor.

Yamaha Xeon,model yang keren,warna yang dynamics,mesin yang tangguh,...pingin punya :)
Yamaha Mio J FI
Selain Yamaha Mio,Yamaha Xeon juga membuatku terkesan,betapa tidak,desain & bentuk body yang compact,modern stylish,cantik sekaligus futuristik dengan lekukan body yang elegan,stripping warna yang keren(favorit saya warna hitam striping biru),performa mesin yang tangguh,jadi ingin membelinya. New Yamaha Xeon RC yang keren,cepat,canggih,menggunakan teknologi YMJet-FI dan semakin tak tertandingi,betul2 menjadi motor impian saya berikutnya,dengan performa yang hebat,sensasi berkendara yang santai sekaligus nyaman,dengan desain yang aerodynamic yang terinspirasi dari pesawat tempur F117-Nighthawk yang mampu membelah angin dan sistem lampu Automatic Headlight On,dan fitur2 yang sangat menarik lainnya. Motor Yamaha impian saya untuk dikoleksi karena keunikan,kestabilan,performa mesin yang tangguh dan desain yang excited,selain Yamaha Xeon dan New Yamaha Xeon RC,bila Tuhan mengijinkan saya mendapat rejeki yang lebih,favorit saya diantaranya Yamaha Mio J,Yamaha RX King,Yamaha Jupiter Z,Yamaha Jupiter Z FI dan Yamaha Vixion FI,banyak bener,ya?semoga impian saya dapat terwujud,Amin.

Salam Yamaha LoVers :) utamakan keselamatan bersama,selamat berkendara dengan motor2 Yamaha yang keren,cepat,canggih dan semakin tak tertandingi

Solusi Terbaik Perawatan Mobil