YAMAHA Membuatku Selalu Terkesan
Yamaha Fiz limited edition warna hitam strip ungu menemani saya hingga lulus SMA,kemudian kuliah menggunakan Yamaha RX King sebagai pilihan saya,karena Yamaha RX King
betul2 The Real King,dengan tarikan gas dan akselerasi yang
spontan,mesin yang tangguh dengan knalpot racing yang mantap,membuat
saya merasa nyaman perjalanan jauh keluar kota
Yamaha Mio
selalu setia menemani kemanapun pergi,lalu lintas di kota Surabaya dan
kota lainnya yang sangat ramai dan padat bahkan sering macet,tidak
menjadi kendala yang berarti,karena Yamaha Mio
begitu gesit,lincah,rem yang pakem,handling yang sangat
stabil,tangan,lengan dan pundak tidak cepat lelah dan satu lagi yang
penting,joknya begitu lembut,perjalanan terasa nyaman. Handling yang
sangat stabil dalam kecepatan yang relatif tinggi,berkisar 70-80
km/jam,sudah saya buktikan sendiri,iseng iseng saya coba tes kecepatan Yamaha Mio Sporty
dengan mesin standart,di jalan aspal trek lurus menurun sepanjang lebih
dari 800 meter yang mulus,lebar dan kering di daerah purwodadi dan
pandaan,Jatim dengan pertimbangan hafal kondisi medan jalan,pandangan
luas tidak terhalang,penggunaan helm full face,jaket tebal,dan kondisi
jalan yang pada saat itu pagi hari sekitar jam 9,sangat sepi,yang secara
kebetulan tidak ada satupun kendaraan yang melintas dari arah yang
berlawanan,begitu lampu traffic light berubah warna menjadi
hijau,start..kecepatan Yamaha Mio melesat menembus angka 98 km/jam,dengan handling yang tetap tenang,luar biasa.
Dengan tetap mengutamakan safety,saran saya buat Yamaha Lovers,kecepatan
tidak lebih dari 80 km/jam,untuk kondisi jalan yang menurun,tentu
disesuaikan dengan kondisi medan jalan,lingkungan sekitar dan kemampuan
berkendara dan mengenali karakter motor. Perjalanan liburan terjauh yang
pernah saya tempuh dari kota Jember ke pulau Bali selama 1 minggu
bersama 8 orang teman dengan 2 Yamaha Mio,1 merk lain dan 2 Yamaha RX King.
Perjalanan melewati kawasan konservasi hutan Bali barat menuju pantai Lovina
di kota Singaraja,sensasi yang paling mendebarkan ketika jalanan mulai
berkelok2,naik turun dengan curam didaerah seririt dan git git kawasan
pegunungan.Setelah sampai di puncak pegunungan,tampak sebuah hamparan
berwarna hijau kebiruan,apakah gerangan?Rasa penasaran membuat saya dan
teman2 ingin segera melanjutkan perjalanan.
Hamparan tersebut ternyata sebuah danau,yaitu danau bratan,bedugul yang
sangat luas dengan pemandangan yang sangat indah,saking tingginya,danau
seluas itu tampak seperti hamparan sawah,perjalanan lanjut ke kota
Denpasar dan trempat wisata lainnya. Sepanjang perjalanan,tidak ada
kendala yang berarti,hanya kecepatan yang berkurang di puncak
pegunungan,maklum,jalan naik turun begitu curam dengan kemiringan hampir
45 derajat.
Yamaha RX King. The Real King |
Ada lagi pengalaman yang manggemaskan sekaligus berkesan kecepatan dan kestabilan handling yang mantap dengan motor Yamaha RX King,perjalanan
dari jatiroto,Lumajang ke kota Jember dengan jalan aspal yang
mulus,relatif lurus sepanjang lebih dari 8 km. Teman saya yang
berboncengan mengendarai Yamaha RX King,jauh sekali meninggalkan saya di belakang sambil melambaikan tangan,bye bye,duluan bro... Dengan semangat pejuang 45,Yamaha Mio
saya pacu lebih cepat,tetap saja tak terkejar,ya harap
maklumlah,namanya juga motor sport 135cc vs motor 100cc. Saking
tingginya kecepatan Yamaha RX King,dari knalpot sampai keluar "fire blast",luar biasa,perkiraan saya,kecepatan lebih dari 110km/jam.
Pengalaman saya lainnya yang sangat mendebarkan sekaligus berkesan,waktu dibonceng teman,seorang pembalap motor mengendarai Yamaha RX King dengan kecepatan hampir 120 km/jam (jangan ditiru,ya,Yamaha Lovers,
dan saya memang tidak berani memacu motor dengan kecepatan lebih dari
100km/jam) di jalan aspal trek lurus sepanjang hampir 2 km di kota
Jember,Jatim,serasa terbang..
handling motor2 Yamaha sangat stabil |
Dari pengalaman berkendara lebih dari 21 tahun,pendapat saya,kestabilan
mengendarai sepeda motor khususnya matic,merupakan salah satu faktor
penting dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara,terlebih pada
kecepatan tinggi,lebih dari 70 km/jam (relatif) Selain kemampuan dan
kesiapan berkendara,kondisi medan jalan,desain body struktur
rangka,jarak antara titik sumbu roda depan & belakang,serta jarak
jok dengan stang kemudi yang tepat & proporsional,sesuai ergonomi
pengendara,akan menentukan kestabilan handling,karena bila ketinggian
jok lebih dekat dengan ketinggian stang kemudi,akan menyebabkan
tangan,lengan dan pundak cepat lelah,handling cenderung tidak stabil.
Demikian juga dengan titik berat beban bagian depan yang bertumpu pada
titik pusat struktur rangka stang kemudi,yang diimbangi dengan derajat
kemiringan shockbreaker teleskopik depan & berat roda depan,maka
berat beban tsb akan membuat stang kemudi terasa lebih "berat" pada
waktu berhenti,namun bila dalam keadaan berjalan,secara otomatis akan
terasa lebih ringan. Titik berat beban pada stang kemudi dengan berat
yang tepat,sangat menentukan kestabilan handling dalam kecepatan tinggi
dengan arah angin yang berlawanan,pengendalian akan tetap
stabil,disamping banyak komponen dan faktor lain dari motor yang
mempengaruhi,termasuk ketinggian motor dari tanah,semakin rendah dari
permukaan tanah,semakin stabil,karena dipengaruhi oleh G Force,gaya
tekan kendaraan ke tanah.
Dengan titik berat beban pada bagian belakang,(bagian mesin & roda
belakang) yang jauh lebih berat daripada bagian depan(stang kemudi &
roda depan),yang diimbangi dengan berat beban bagian tengah(mesin
bagian tengah & jok pengendara),motor akan lebih stabil.
Bentuk lampu depan/head lamp New Yamaha Xeon RC yang futuristik, terinspiasi dari bentuk pesawat F117-Nighthawk yang mampu membelah angin dan sistem lampu Automatic Headlight On yang sangat terang.
fitur New Yamaha Xeon RC Smart Stand Switch, dimana jika standar samping di
buka, otomatis mesin langsung mati. Pengendara juga akan di beri tahu
melalui kedipan lampu speedometer jika mesin belum di matikan melalui
kontak. fitur ini di maksudkan agar pengendara tidak lupa menaikan
standart samping saat motor melaju.
Kapasitas bagasi motor New Yamaha Xeon RC dapat menyimpan
satu buah helm dan berbagai peralatan
Fitur menarik dari New Yamaha Xeon RC ladalah Smart Lock System,
fitur ini dapat membantu pada saat pengereman di jalan menanjak ataupun
jalan menurun. Tarik rem bagian kiri (rem belakang), lalu tekan tombol
di bagian pangkal rem. Otomatis motor dalam posisi terkunci.
New Yamaha Xeon RC terbaru memang betul2 keren,Muscular and Sporty Muffler: Desain sporty muffler dan lebih berotot dari Yamaha T-Max yang powerful.T-Max yang powerful.
Lampu belakang New Yamaha Xeon RC Terinspirasi pesawat tempur F117 Nighthawk yang tampak jelas pada cover desainnya yang aerodinamik. (After Burner Jet Tail Lamp).
Sporty Striping dan Dynamic Colour New Yamaha Xeon RC yang tegas warna yang trendy membuat kesan semakin sporty
Sporty Casting Wheel dan colored Pin Stripe New Yamaha Xeon RC
kombinasi warna yang sporty dengan lis velg yang tegas
Akselerasi yang cepat dan responsif dengan kapasitas silinder 124,86 cc,penggunaan DiAsil Cylinder and Forged Piston,DiAsil adalah Die Aluminium Silicon, material logam campuran aluminium dan silikon yang tahan panas. Proses produksinya menggunakan teknik cetak (die casting) sehingga bersifat lebih kokoh dan padat sebagai landasan gerakan piston. Sedangkan Forged Piston, dibuat dengan teknik tempa (forging). yang ringan dari besi namun memiliki daya pendinginan yang lebih baik,performa dan daya tahan yang sangat tinggi,didukung teknologi motor injeksi terkini dengan teknologi YMJet-FI yang responsif,namun tetap irit bahan bakar.
Perubahan yang paling mendasar FI New Yamaha Xeon RC yaitu pada sensor dan juga peningkatan performa pada throttle bodi. Tidak hanya itu,FI Yamaha juga mengaplikasikan fuel pump yang konsumsi listriknya lebih rendah yakni hanya 30% dari fuel pump biasa. Selain sensor oksigen, sistem injeksi New Yamaha Xeon RC juga didukung 6 sensor lainnya yang juga sudah digunakan pada motor matik Yamaha lainnya. Sensor itu antara lain, Throttle Position Sensor (TPS), Intake Air Pressure Sensor (IAPS), Intake Air Temperature Sensor (IATS), Crankshaft Position Sensor (CPS), Coolant Temperature Sensor (CTP) dan O2 sensor.
Yamaha Xeon,model yang keren,warna yang dynamics,mesin yang tangguh,...pingin punya :) |
Yamaha Mio J FI |
Salam Yamaha LoVers :) utamakan keselamatan bersama,selamat berkendara dengan motor2 Yamaha yang keren,cepat,canggih dan semakin tak tertandingi