Daihatsu,Mobil Berkualitas Solusi Cerdas,Hemat dan Ramah Lingkungan


Teknologi ditemukan,dipelajari dan dikembangkan untuk membantu mempermudah kehidupan kita
Dalam era teknologi yang berkembang pesat sekarang ini,baik teknologi manufaktur,industri,mesin,mobil,elektronik,bioteknologi dan sebagainya,kita patut bersyukur dapat menggunakan produk2 hasil teknologi dan industri.
Namun seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk yang menggunakan kendaraan bermotor,terjadi polusi,pencemaran dan penurunan kualitas udara yang dapat menyebabkan terganggunya kesehatan kita,secara tidak kita sadari,dari pengalaman saya sering berkendara dengan sepeda motor,udara di perkotaan luar biasa pekatnya,apalagi pada jam jam sibuk dan macet.
Gas co2 (karbonmonoksida) yang berlebihan adalah salah satu unsur pokok terjadinya pemanasan secara global,yang ditandai dengan adanya perubahan cuaca dan musim yang tidak menentu,musim kemarau yang panjang dan musim hujan yang pendek.
Naiknya konsentrasi gas berupa co2 ini tidak lain dikarenakan oleh adanya kenaikan yang terjadi pada pembakaran bahan bakar berbagai jenis minyak dibumi, batu bara maupun bahan bakar organik lain yang sudah melampaui batas kemampuan suatu tumbuhan dan air laut untuk dapat menyerapnya.
Prosentase energi yang dapat masuk kedalam bumi ?
25 persen di pantulkan dari awan atau partikel lain yang ada di atmosfer
25 persen di serap oleh awan
45 persen di serap oleh permukaan di bumi
5 persen di pantulkan lagi kembali oleh permukaan di bumi
Selain gas-gas Co2, yang bisa menimbulkan epek rumah kaca adalah belerang dioksida, nitrogen monoksida (No) dan nitrogen dioksida (No2) serta terdapat beberapa lagi senyawa organik yang seperti gas metana dan klorofluorokarbon (CfC)
Pemanasan global merupakan ancaman potensial bagi masa depan peradaban di seluruh dunia. Ada banyak akibat pemanasan global yang para ahli percaya hal tersebut akan menimbulkan dampak signifikan terhadap bumi di tahun-tahun mendatang.












Pengalaman saya naik sepeda motor siang hari di dalam kota Surabaya dan kota2 lainnya dengan lalulintas yang sangat padat dan sering macet,dimana pada waktu itu saya kebetulan hanya memakai sandal,kaki terasa panas seperti di dekat kompor,benar2 luar biasa perubahan cuaca yang sedang terjadi sekarang ini,udara menjadi sangat kering.


wow















Begitu pula pengalaman menggelikan perjalanan keluar kota naik sepeda motor,dengan helm full face namun tidak memakai plastik penutup depan,saat dibelakang truk dan bus yang berjajar dan merambat pelan karena jalanan naik,asap hitam pekat dan bau menyebar kemana2.
Setelah sekian lama berusaha menyalip dan berhasil,saya mampir di depot pinggir jalan raya,langsung duduk dan pesan minuman dan makanan.
Beberapa pengunjung dan mbak yang punya depot sambil tersenyum menyapa,saya jadi heran,kenapa ya kok dari tadi senyum terus,apa ada yang aneh?
Weew,ternyata waktu saya cuci tangan dan muka,lihat dicermin,wajah saya berubah warna jadi abu kehitaman,ampun deh kena asap knalpot,wkwwk malu aku,jadi kena efek polusi dan pencemaran udara.
Pengalaman saya mengendarai Daihatsu Zebra thn 1989 punya saudara wisata keliling pulau Bali,mesin tangguh,bensin irit,s/d 14km/liter dan pengalaman berkendara Daihatsu Taft GT punya teman saya,naik turun perbukitan,pegunungan dan offroad di alam pedesaan yang masih alami dengan mudah dapat dilalui.

Mari kita bangun bersama kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya melestarikan alam dan lingkungan,tidak hanya dengan menanam sejuta pohon,daur ulang limbah plastik,dll,melainkan turut serta menekan pencemaran udara dengan memperbaiki atau tidak menggunakan kendaraan yang asap knalpotnya sudah tebal dan pekat,tidak membakar sampah,misalnya
Demikian pula dalam hal bbm,baik bensin maupun solar,jumlah konsumsi yang terus meningkat luar biasa,dimana sumber daya alam berupa minyak bumi tidak dapat diperbaharui lagi dan harganya sudah pasti akan naik dari waktu ke waktu.
Sebagai wujud kepedulian lestarinya alam dan lingkungan secara global,Daihatsu berkomitmen untuk membuat dan mengembangkan mobil yang berkualitas,compact,dengan teknologi hijau,ramah lingkungan dan harga yang terjangkau.

Prestasi PT. Astra Daihatsu Motor mendapat berbagai penghargaan diantaranya adalah mobil Daihatsu Sirion yang berhasil meraih penghargaan sebagai mobil dengan emisi gas buang terbaik dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia pada tahun 2012,dan konsumsi bahan bakar teririt sebesar,yaitu 14,54 km/liter.
All New Sirion






Wacana mobil LCGC(Low Cost Green Car) sudah berhembus dua tahun lalu,namun fokus pemerintah terbelah dan melirik teknologi lain untuk dikembangkan ke Indonesia, yakni mobil hibrida dan listrik.Semula insentif hanya untuk LCGC (Low Cost Green Car)Kenyataan, pada pertengahan 2012 melebar pada kendaraan ramah lingkungan dengan program baru Low Emmision Carbon Project (LECP). Salah satu yang telah siap memakai teknologi hijau tersebut adalah Daihatsu Ayla,yang didesain oleh Mark Yoshua Widjaja, Senior Styling Designer R&D Astra Daihatsu Motor,mobil ramah lingkungan yang diperkirakan akan dijual ke pasaran tahun ini dengan atau tanpa regulasi LCGC.
Daihatsu Ayla,mobil berkualitas dengan desain sporty,stylish,compact dan elegan yang didukung dengan mesin yang tangguh dan konsumsi bbm yang irit,mendapat sambutan hangat dan mendapat tempat di hati pecinta otomotif dan masyarakat yang ditandai dengan antusias dan permintaan inden yang sangat tinggi


Daihatsu Ayla


Daihatsu Ayla



Dashboard Daihatsu Ayla,Sporty & Stylish






Mesin Daihatsu Ayla,teknologi ramah lingkungan,irit dan tangguh






















Interior Daihatsu Ayla,lapang dan elegan













Salah satu bukti kecanggihan pabrik ke-5 Daihatsu di Indonesia ini adalah penggunaan teknologi robot lebih dari 90 robot di pabrik baru untuk menunjang kinerja rancang bangun mobil yang berkualitas.
Dengan bantuan robot - robot perakitan ini, pabrik baru Daihatsu ini mampu membuat 16 pieces struktur bodi kendaraan per menit, dan sekitar 1,65 menit untuk membuat mobil secara utuh.Pabrik baru dengan kapasitas produksi mencapai 120 ribu per tahun ini juga akan dipakai sebagai pusat produksi Daihatsu Ayla




















Pabrik perakitan terbaru mobil Daihatsu yang terletak di kawasan industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat















Daihatsu sebagai produsen mobil berkualitas kelas dunia yang sudah berkiprah 105 tahun dengan berbagai pengalaman,pengembangan dan kecanggihan teknologi di dunia pecinta otomotif,mobil,khususnya,menjawab kebutuhan masyarakat dunia,dengan membuat  mobil yang berkualitas,menggunakan teknologi hijau,ramah lingkungan dan sekarang Daihatsu sudah meiliki blue print pengembangan teknologi mobil hijau dengan Ada 3 (tiga) tahapan penting yang menjadi kunci keberhasilan mobil berkualitas dengan teknologi hijau yang akan dibuat oleh PT. Astra Daihatsu Motor sebagai berikut:


















                                                                                    
         
Tahap pertama,teknologi Eco Idle dan  i-EGR
Teknologi Eco Idle adalah suatu terobosan,"lompatan" sistem teknologi Daihatsu yang mampu mengatur secara otomatis hidup dan mati mesin secara otomatis dalam kondisi jalanan macet atau berhenti di traffic light saat kecepatan di bawah 7 km/jam untuk mencapai efisiensi konsumsi bahan bakar,dengan sistem elektronik,navigasi dan AC yang tetap menyala,dengan performa yang optimal dan tetap nyaman
System teknologi i-EGR,sebuah evolusi pengembangan sistem teknologi mobil hijau yang dapat meningkatkan pembakaran dengan sempurna dan meminimalkan keluarnya gas co2,aplikasi system i-EGR secara prinsip adalah mengurangi emisi Nitrogen Oxide (NOx), bekerja dengan sirkulasi kembali sebagian gas buang mesin menuju silinder mesin







Peningkatan efisiensi pembakaran karena rasio kompresi mesin naik 

Daihatsu menggabungkan sistem i-EGR dengan sistem EGR konvensional bersama sistem kontrol pembakaran arus ion. Sistem i-EGR (ionizer-Exhaust Gas Recirculation) menghasilkan pembakaran sempurna dengan meminimalkan keluaran gas CO2. Sistemnya adalah mengalirkan kembali sisa gas buang (CO2) menuju intake manifold. Dengan demikian, CO2 yang keluar akan minim dibanding sebelumnya.



Tahap kedua adalah evolusi Daihatsu dalam teknologi rancang bangun dan desain mesin mobil dengan dimensi lebih compact,dari mesin 3 silinder ke mesin dengan 2 silinder,bobot lebih ringan dengan komponen mesin yang lebih sedikit yang dapat mengurangi friksi/gesekan antar komponen mesin,kinerja mesin dapat lebih optimal dan sempurna,yang didukung dengan teknologi Turbocharged Direct Injection untuk mendapatkan hasil yang sempurna dalam menghemat bahan bakar.



Tahap ketiga adalah Precious Metal Free Liquid Feed Fuel Cell (PmfLFC) yaitu teknologi pengembangan rekayasa bahan bakar cair,pada tahap ini emisi gas buang CO2 nol, ini merupakan wujud kendaraan yg ramah lingkungan. Bahan baku pembuatan kendaraan ini menggunakan sumber daya alam yang lebih sedikit, tidak mengandung logam mulia, sehingga biaya yang dikeluarkan lebih rendah. Daihatsu saat ini tengah mengembangkan metoda baru cara menyimpan hidrogen & bahan bakar cair yang disebut dengan Hidrazin Hidrat (pencampuran hidrogen, nitrogen dan air). Zat Hidrazin Hidrat menjadi fokus pada proses ini dalam hal penggunaan bahan bakar cair baru karena zat ini memiliki kepadatan yg energi yg tinggi dan tidak menghasilkan CO2. Hidrazin Hidrat merupakan bahan bakar cair yang tepat untuk kendaraan ramah lingkungan







Teknologi Hijau Masa Depan Daihatsu,mobil di atas adalah Daihatsu Cube,yang didatangkan langsung dari negeri sakura,Jepang,dilihat dari bentuknya,unik,keren dan ramah lingkungan ini pernah dipamerkan di ajang IIMS di Jakarta


Mark Widjaja dengan karyanya Daihatsu A-Concept saat dipamerkan di IIMS






PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) merayakan pencapaian produksi ke 3 juta unit,
di usianya yang ke 35 thn, pada tgl 4 april 2013,sejak produksi perdana pada 1978.

Penghargaan dengan layanan penjualan terbaik atau Sales satisfaction Index (SSI) di Tanah Air dari J.D Power Asia Pascific yang berpusat di Singapura. Tropi dan sertifikasi bukti Daihatsu memperoleh nilai SSI tertinggi ini merupakan yang ke-12 kali diberikan J.D. Power Asia Pacific di Indonesia dan perdana untuk Daihatsu.Tujuh aspek yang dinilai adalah, proses penerimaan pelanggan, fasilitas outlet, proses transaksi, proses penanganan dokumen, tenaga pemasaran, waktu pengiriman dan proses serah terima kendaraan.
Daihatsu Indonesia meluncurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk Penyu untuk Indonesia

DAIHATSU BERHIAS (Bersih-Hijau-Asri-Sehat)

Sebagai wujud kepedulian dan peran serta terhadap lestarinya alam dan lingkungan yang tetap hijau,Daihatsu mengadakan program DAIHATSU BERHIAS,Lomba Kebersihan RT di RW 04 Kelurahan Sungai Bambu,Jakarta,yang disambut antusias masyarakat,yang meliputi kebersihan, penghijauan, kesehatan, kerapihan, administrasi dan perubahan. Dari point-point  tersebut dibagi lagi menjadi point Kebersihan lingkungan, halaman rumah, saluran air; Penghijauan meliputi pengadaan tanaman dan TOGA; Kesehatan meliputi adanya tempat sampah dan Jumantik. Kemudian kerapihan dilihat dari kondisi Lingkungan RT, teras rumah, dan saluran air. Point Administrasi dan Perubahan mencakup tentang adanya kader kebersihan dan juga perubahan sudah dilakukan di RT tersebut

 










Astra Daihatsu Motor berkontribusi dalam pembuatan jalan akses untuk menuju danau yang terletak di salah satu sisi taman dan memberikan sarana pendukung yaitu payung-payung tenda yang dapat digunakan untuk berteduh ketika ada aktivitas di sekitar danau, seperti memancing dan games untuk anak-anak yang sedang berkunjung. Tidak sampai disitu saja, dalam kesempatan spesial ini, ADM merekondisi 2 unit mobil keliling yang diberikan sejak tahun 2008, dan juga menanam 1000 pohon produktif untuk menambah ruang hijau


 
 

Semoga tulisan saya dapat membuka wawasan dan pengetahuan tentang teknologi mobil hijau yang ramah lingkungan.
Daihatsu Ayla,salah satu mobil favorit saya,yang diproduksi Astra Daihatsu Motor yang berkualitas,konsumsi bbm yang irit dengan mesin yang tangguh sudah siap menanti Anda.
Salam sukses selalu :)




Solusi Terbaik Perawatan Mobil